Hidup itu bagaikan cermin. Jika Anda tersenyum, maka cermin akan tersenyum pada Anda. Sebaliknya jika Anda marah dan melotot, maka cermin juga akan marah dan melotot pada Anda.

Begitu pulalah kenyataan yang terjadi dalam kehidupan. Jika kita memperlihatkan wajah kecut dan cemberut kepada orang lain, maka orang tersebut akan membalasnya pula dengan wajah kecut dan cemberut.

Jika kita memperlihatkan wajah yang menyenangkan, ramah dan bersahabat, maka orang akan membalasnya dengan wajah ramah dan bersahabat pula.

Buruk atau baik yang kita lakukan pasti akan dibalas pula dengan kebaikan atau keburukan. Kebaikan akan dibalas dengan kebaikan, keburukan akan dibalas dengan keburukan pula.

Seperti kata pepatah Minang, “kalau lai padi nan ditanam, ndak mungkin lalang nan ka tumbuah”. Atau ada juga ungkapan yang mengatakan “Siapa yang menabur angin, akan menuai badai”. Artinya, siapa yang berbuat kebaikan pasti akan memperoleh balasan berupa kebaikan dan siapa yang berbuat keburukan akan menerima balasan berupa keburukan.
- Uts. Irwan Prayitno

0 Comments