Pengen nulis pengalaman, walaupun agak ngantuk.. biar aku bahagia juga dengan nulis.

Bismillah aja deh..


Bermula dari lewatnya HPL yang semula 4 Oktober, tapi kontraksi ngga kerasa sama sekali. Bahkan sama dokter ketika VT yang ketiga diminggu yang ketiga pula, sengaja membuat jalan lahirnya agak terbuka dengan cara ditekan dengan jarinya. Rasanya? Hho.. nangis aku tapi belum :') kaget liat darah dari jari telunjuk dr. Wid. Ketika di ruangan mah ya bisa tahan, walau ngerasanya kayak ada darah mengalir.. aku cuma nanya ke bidannya, teh darahnya banyak gak? Aku pasang wajah tegang. Dengan tenangnya dan mencoba menenangkan aku, bidan tersebut bilang ngga kok.. tapi dengan sigap, beliau kasih aku pembalut. dr. Wid bilang maksimal Rabu deh kesini buat keputusan induksi balon. Ini kalau diinduksi balon tinggal keluar. Dikiiiit lagi. Begitu katanya. Nah, pas keluar ruangan, aku izin sama suami buat ke WC, ngapain? Nangis di WC duduk! Haha :''''')


Kok nangis? Gegara sakit?
Nggaaaaak.. aku takut diinduksi!!! Ngga ngerti juga apaan tuh induksi balon. Aku mendingan ngerasain kontraksi beneran daripada induksi yg kata orang rasanya lebih dari kontraksi alami. Lagipula aku pernah keguguran dan ngerasa kontraksi tuh kayak gimana, rasa²nya doaku cuma Ya Allah... Gapapa aku ngerasain kayak keguguran lagi kook.. yang penting, tolong jangan diinduksiii :'(

Harapan dr. Wid tuh habis VT darahnya makin banyak, minimal 1 pembalut deh. Makanya pas pulang dari klinik, aku coba ngelakuin apapun itu untuk memunculkan kontraksi. Waktuku gak banyak, cuma ada sisa 1 hari supaya aku bisa ngerasain kontraksi. Pokoknya aku harus berjuang, sambil afirmasi ke dede biar ikut berjuang yaaa :')

Sampai keesokan harinya, ternyata kontraksi itu hanya sementara.. hilang begitu saja. Alhasil aku tunggu sampai isya.. masih sama juga, ga ada rasa apa2. Aku udah birthing ball, masih keneh kitu wae.

Aku tanya digrup khusus para bumil dari orami soal siapa yang udah pengalaman diinduksi balon. Intinya kalau diinduksi balon itu, balonnya akan dimasukkan ke jalan lahir kemudian diisi cairan yang nanti akan membesar dan keluar sendiri kalau udah bukaan 4-5. Sisanya, kita usaha sendiri sampai bukaan 10. Alamaaak.. tangisanku makin pecah, sesenggukan pulak. Wkwk bocil emang :') suami yang lagi tidur karena kecapean langsung puk puk aku. Nenangin.. aku tidur, mata bengkak.. tapi tetap ngga ada kontraksi.

Hari Rabu pun datang.. paginya aku masih power walk, naik turun tangga, birthing ball.. berharap kontraksi datang. Pas jam 10an, keluar flek. Alhamdulillah.. semoga jadi pertanda baiiiik... Zuhur pun datang, dan waktunya aku ke klinik buat CTG sesuai dengan saran dokter. 

Jlegudug, jlegudug, jlegudug suara detak jantungnya dede kayak pasukan kuda. Setiap gerakan yang keras harus pencet tombolnya, buat memastikan apakah keadaannya baik atau ngga. Dicek setiap 15 menit sekali selama setengah jam (kalo ga salah). Setelah itu, ternyata hasilnya kurang bagus. Alhasil aku dipasang oksigen, kali aja hasilnya jadi bagus kalau pakai oksigen. Ini pertama kalinya aku pake begituan. Berasa kayak di tipi² 😆

CTG pun selesai, hasilnya langsung dikasihkan ke dr. Sambil menunggu keputusan dr. Bidan yang jaga itu terus menanyakan kalau kita punya BPJS atau ngga, dll. Buat siap² kalau kalau harus (sensor). Pokoknya bidan tersebut gamau aku keliatan panik, bisik² gitu ke suami tanpa mengajak aku bicara.

Tepat jam 13.40 keputusan dr. pun datang. Disampaikan oleh bidannya. Sambil mengelus aku, kalau hasil CTGnya kurang bagus untuk induksi.. jadi mohon maaf, harus sesar kalau begitu.. kata dr. sore ini juga kita tindakan sesar. Gapapa ya? Aku pun disuruh puasa dulu selama 6 jam sebelum operasi.

Bidannya nenangin aku, suami juga. Tapi akunya ya santai. Justru aku legaaaa... Ga di PHPin sama induksi. Akhirnya aku gak diinduksi!!! Yesss!!! Dalem hati sih gitu. Hehe tapi pikiran kan ke biaya yaa.. tp ternyata in sya Allah, ada tabungan cukup buat itu. Alhamdulillah..

Nunggu sampai ashar, aku langsung didatangin sama dua perawat yang bawa kursi roda. Aku disuruh duduk disitu untuk dibawa ke ruang inap. Dalam hati teh, aku ga sakit ko.. aku biasa² aja.. aku jalan aja teh. Malu aku pake kursi roda segala. Tp da mau gimana, ujung²nya mah ya duduk aja.

Ruang kamar Nadwah. (Padahal pas booking mah kamar Shafa, tapi gatau jadi Nadwah). Aku langsung disuruh ganti baju dari klinik. Baju terusan gombrang full kancing atas bawah warna biru muda. Disuruh copot jam tangan, cincin, dan bra. Suami langsung ke rumah dulu buat ambil barang² keperluan yang udah aku siapin di tas.

Setelah itu, aku dipasang infus. Suntik sana dan sini, paling panas ya suntik alergi sih.. aku dengan kalemnya nanya kalau apa yang dipasang ke aku tuh fungsinya buat apa, dll. Alhamdulillah mereka pun menjawab dengan sangat friendly. Setiap mau melakukan tindakan, selalu minta izin ke kita dan bilang maaf yaa agak peureus, maaf ya kalau sakit, dll.

Setelah suntik alergi, katanya kalau memang alergi akan menjadi bentol gatal, tapi aku cuma bentol aja gak gatal. Tapi tetap itu alergi, jadi nanti saat suntik untuk operasi harus diganti dengan yg lain.

Sudah itu, bidan bertanya dimana suaminya? Masih lama ga? Kita harus segera ke RS untuk tindakan ya teh.. kita akan naik ambulance ya teh. Mohon segera siap².

Cus deh, aku naik ambulance untuk yaaaaang pertama kalinya juga. Sambil sirine dibunyikan. Aduh.. berasa gimanaaaa gitu. Akunya terhura, aneh² campur aduk rasanya, cuma bisa lihat bangunan tinggi dan langit dari jendela mobil karena aku sambil tiduran. Suami sama mamah otw langsung ke RS dari rumah. Tetangga -masa gitu- langsung nge-wa kalau lg di klinik atau gimana.. alhasil aku minta doanya aja kalau aku sekarang lagi di ambulance mau proses sectio. Masya Allah.. ngga kerasa air mata netes.

Sampailah aku di IGD, ditanya ini itu dan ditensi lagi. Dipasang identitas juga ditangan kananku. Warna pink dan biru kalau ga salah. Jam 5 kita masuk ruang operasi yaa..

Akhirnya, mamah sama suami datang juga. Suami disuruh ttd berkas². Aku langsung ganti kerudung yg udah aku siapin buat kontraksi tadinya, jadinya buat operasi. Habis itu, suami nyari² kunci motor dong. Katanya ga ada di tas. Wkwk dan u know? Ternyata ketinggalan di motor! Masih nempel guys! Wkwk padahal udah agak lama itu proses ttd terus pindah ruangan kesana sini. Alhamdulillah masih rezeki.. maklum lagi panik..

Alhamdulillah.. akhirnya dr. Wid dataaang. Aku langsung dibawa ke ruang operasi, suami ga boleh ikut. Katanya harus steril. Hiks.. ya udah gapapa, harus tenang.. Langsung deh aku dibaringkan ke tempat tidur operasi. Aku tiduran dengan posisi layaknya mau disalib. Lampu menyorot ke arah perutku. Kanan kiri ada jam digital. Depanku ada alat² operasi. Dokternya banyak, ada orang medannya, jawanya, semuanya ngajak ngobrol aku.

Aku disuruh duduk sila dulu, dan kemudian dokter meminta izin untuk disuntik ditulang belakang. Aku pernah baca cerita, katanya yg paling takut itu ketika disuntik sebelah situu.. tapi aku mencoba untuk tenang... Laa haula wa laa quwwata illa billah... Aku tarik nafas, jarum itu masuk, cussss.... Aku ngerasa biasa aja kok. Gak sakit. Haha alhamdulillah ya Allah.. ngga seserem apa kata mereka :')

Habis itu aku disuruh berbaring lagi. Semua dokter berdoa sebelum operasi.. Kaki aku lama² rasanya kebas. Dokter disuruh angkat kaki, aku udah ga bisa. Tapi kalau disentuh² aku tau rasanya, tapi buat ngangkat aja yang ga bisa. Tangan aku yang kanan dipasang alat tensi otomatis, tangan kiri infusan. Semua tangannya dalam keadaan menyamping kayak disalib. Karena aku masih bisa merasakan sentuhan dokter², aku bilang.. dokkk jangan dulu yaaa aku masih ngerasa gerakan dokter.. terus dokternya jawab iya gapapa itu bagus. Wkwkw aku mulai panik. Suara di ruangan juga udah kayak di tipi², tit tit tit tit. Gituuu.. kebayang kan? 

Lama² aku ngerasa menggigil. Oksigen dipasang. Perut aku disiram air, tapi rasanya kayak perutku jadi daun talas yang ditumpahin air. Kucur kucuuuur... Gitu. Waduh kok aku masih bisa ngerasain sih. Tapi aku ga bisa apa². Aku cuma bisa dzikir..

Kucoba memejamkan mata menahan dingin, gigiku lama² bergerak² karena saking kedinginanannya.. tanganku ngga kalah mau ikut bergerak juga gemeteran dingin. Kemudian adzan magrib pun berkumandang.. pecahlah tangisan dede bayiii.... Aku ikut nangis 😭 terharu.. Alhamdulillah ya Allah.. dede nangis dengan kencang..tandanya dia sehat :') dokter² pada teriak gembira, wah Alhamdulillah ini jalu neng.. jaluu... 

Dokternya bilang, nenggg.. lahirnya 17.58 yaa BBnya 3.1 yaa TBnya 49, JKnya laki2. Sempurna alhamdulillah.. Allahu Akbar :')

Sekarang waktunya penjahitan peruuuut, yang katanya menguras waktu 30-60menit. Fiuwh.... Aku ga liat apa² selain benang warna agak kekuningan kayak buat main layang². Karena menahan dingin, aku cuma bisa lihat kanan dan kiri. Sesekali lihat air infusan yang menetes. Pengen ketemu dedeeee... Dede pun datang udah di bedong, dan dimandikan sekadarnya, aku diberikan pipi dede untuk dicium, kemudian mulut dede ditempel ke payudara kiriku, cuma sebentaaar sekali. :') habis itu dede dibawa pergi lagi.

Waktu pun berlalu, dokter² masih sibuk menjahit perut. Aku tanya² masih lama ga doook.. dingiiiin... Kataku sambil menggigil. Kemudian dokter pun menjawab, sebentar lagi kok. Atau mau diginiin aja? Biar kebuka? Aduuuh dokternya ngajak bercanda disaat aku menggigil semenggigil-gigilnya. Sampai² selang oksigen terlepas karena gerakan kedinginanku. Aku minta bantuan untuk dibenarkan selang oksigennya.

Alhamdulillah.. akhirnya selesai!!!! dr. Wid langsung menciumku, mengucapkan selamat juga doa dan izin pamit buat syuting MQtv. Wkwk

Udah deh, aku diangkut untuk dipindahkan ke ruangan lain. Aku masih belum boleh minum, padahal aku hauuuuus banget. Inilah detik² dimana aku seperti sedang dalam keadaan sakaratul maut. Yang mana aku merasa sangat kehausan, menggigil, tidak bisa bergerak, pandangan mata yang kosong.. tak ada siapa² disamping kanan kiri.. sendiri menahan sakit. 

Dipikiranku hanya ingin lihat dede... Biar aku hangaaaaat.. tapi ga bisa. Ingin ada suamiii... Tapi ga boleh duluu.. :') Allah Allah... Udah ga bisa disebut lagi dengan suaraku, kalaupun bisa tak akan jelas ucapannya. Hanya bisa kukatakan dalam hati. :') subhanallah..

Kucoba tidur sebisa mungkin sambil menahan dingin.. lama² jari kakiku bisa digerakkan. Kerasa lebih hangat dari sebelumnya.. semakin hangaat, semakin terasa sakit pula di jahitannya.. kayak kontraksi juga rasanya. Sama persis, berjenjang rasanya. Ah, kata siapa melahirkan sesar itu ga sakit. -_- semua sama. Huhu.. bedanya dimana? Biaya. 🤫 Peluang berani matinya juga sama. Aslinya. Suka sebel kalau ada yang bilang, si itu mah sesar, ih amit². *dengan nada nyinyir. Gak boleh gitu ya.. 

Setelah 6 jam berlalu dalam kedinginan, aku dipindahkan dari RS ke klinik menggunakan ambulance lagi. Disitulah aku boleh minum sedikit² menggunakan sedotan. Kata bidan dan perawat disana, usahakan belajar bergerak kanan dan kiri supaya bisa kentut. Ya, kentut. Sebegitu berharganya kentut saat itu. Bukan sesuatu hal yang mudah untuk belok badan kekanan dan kiri dengan luka yang masih basah. Rasanya? Nikmaaat.. :') tapi kita jangan pernah dikalahkan oleh rasa sakit. Ngga boleh manja. Disaat kita harus menyusui dede 2 jam sekali, tapi dedenya belum bisa mencari puting.. itu rasanya syupeeeer mantap. Alhamdulillah-nya... ASIku sudah banyak.. masalahnya hanya dedenya belum bisa cari puting susu.. jadi ya gitu.. kudu sabar kalau kata konselor laktasi.

Hari kedua dirawat, dede masih bingung puting.. semalaman aku ga bisa tidur, kepikiran kalau dede harus nyusu 2 jam sekali, kalau ngga nanti bisa kuning. Dirawat lagi diinkubator. Sedih liat yang nemenin bisa tidur dan bolak-balik badan dengan nikmat. Lah aku? Ga bisa gitu.. :'( tulang belakang udah pegel banget karena telentang terus. Kalau miring, usahanya harus ekstra. Untung aku dipasang kateter, jadi aku ga ngerasa kebelet pipis. Cuman ya itu, harus banyak minum.. karena urinnya masih tercampur oleh darah. Sedangkan aku minumnya cuma bisa tiduran. Ngga bisa duduk. Huhu

Esok harinya, aku belajar untuk duduk. Alhamdulillah.. bisa, walau pelan. Setelah itu belajar untuk berjalan. Kalau sudah berjalan, selang kateternya diikat pakai karet, supaya aku bisa merasakan ingin pipis. Kalau sudah mulai merasa ingin pipis, baru deh karetnya dibuka lagi. Tentunya semua itu dibantu oleh bidan dan perawat. 

Alhamdulillah.. akhirnya aku pun lepas kateter. Pipis pun bisa sendiri. Target selanjutnya adalah pup. Yup, aku harus bisa pup. Semua itu untuk membuktikan bahwa pencernaanku sudah kembali normal.

3 hari, aku menginap di klinik sambil pemulihan. Alhamdulillah, ngga perlu lama².. :')
Akhirnya bisa pulang bersama dedek ke rumah. Alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah..


Dulu awal² hamil ingiiiiin banget normal lahirannya.. sampai² beli buku ini itu, yoga, birthing ball, jalan kaki, pokoknya selama kita bisa usahakan normal kenapa harus sesar?? Usia 27 minggu pernah kram perut karena kondisi plasenta previa yang marginal.. alhasil mesti istirahat total. Alhamdulillah ga sampai pendarahan dan ngga kram lagi. Khawatir bisa² kalau kram muncul lagi, bisa-bisa lahir prematur. :')

Masya Allah.. lagi² Allah tuh mengingatkan, bahwa jangan menuhankan ikhtiar. Semua kembali pada Allah.. qadarullah.. dedek memilih jalan lahirnya lewat perut, bukan vagina.. ya sudah :')
Terima setiap ketetapan dariNya..

Kadang kita tuh suka takut dikasih ujian ini itu, manusiawi ya.. tapi ketika Allah ngasih ujian saat itu juga, tanpa kita sadar dan tanpa izin kita, ternyata bisa ngelewatinnya juga kan? Alhamdulillah.. sekali lagi, Allah yang memberikan kekuatan.. Allah yang memberikan kemudahan..


Begitu ceritaku, apa ceritamu? :)
Soal hamil, melahirkan, menyusui, merawat, dst memang selalu ada ceritanya tersendiri ya..

Bersyukur banget selama di Jasmine pelayanannya sangaaaaaat baik.. ramah², bersih, full murotal.. :') jadinya nyaman.. ngga bikin stress.. Alhamdulillah 'ala kulli hal. Semoga kita dimudahkan oleh Allah untuk mengambil ibrah (pelajaran) dalam setiap kejadian yang menghampiri.. :) barakallahu fiik. 




5 Comments

TOTAL FOOTBALL said…
mirip aku, cuman kalau aku ceritanya ketuban pecah duluan lanjutan ceritanya sama deh😁
Ratna Yuliasari said…
alhamdulillaah bunda n debay sehat2 ya skrg.
allaah tau betul bahwa bunda mampu melewati semua proses itu
Unknown said…
Alhamdulillah bunda n baby sehat2 selalu ya..
Saya pernah ngalami melahirkan pertama TINDAKAN SC.. Saya berjuang seorang ibu terimakasih semua nya 🤗
Unknown said…
Aku ko mewek bacanya bunda inget dulu ngelahirin yg sama kaya bunda sekarang anaknya sudah besar dan sehat Alhamdulillah
Anonymous said…
wah semangat moms